Oleh :
Helmi Mulyadi (30113006)
Azharuddin Arrosis (30113007)
Aprilia Nurul Utami (30113008)
Nadia Aruma Dita Suwandi (30113009)
PIS-13-02
BAB 1
Pendahuluan
1. Latar belakang
Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen.
Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia
Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
Domino’s pizza merupakan salah satu dari sekian banyak rumah makan diindonesia, domino pizza mulai masuk keindonesia pada tahun 2007, tujuan dari pendirian Domino’s pizza ini bukan hanya untuk memperluas cabang-cabangnya melainkan juga untuk memperkenalkan pada masyarakat Indonesia bahwa cita rasa yang diproduksi tidak kalah dengan rumah makan yang lain.
2. Perumusan masalah
A. Bagaimana alur system informasi pemasaran di Domino’s Pizza.
B. Bagaimana penerapan system informasi pemasaran di Domino’s Pizza.
3. Tujuan penelitian.
A. Untuk mengetahui system informasi pemasaran yang diterapkan di Domino’s Pizza.
B. Untuk memberikan pengetahuan dasar bagaimana cara melakukan kegiatan pemasaran dan apa saja yang harus dilakukan dalam kegiatan pemasaran.
C. Untuk mencarikan solusi system informasi pemasaran dalam mempersiapkan suatu system yang lebih baik di Domino’s Pizza.
BAB II
Analisis Sistem Berjalan (Existing System)
1. Domino’s Pizza
Domino’s pizza adalah adalah perusahaan waralaba internasional yang menjual pizza dengan sistem pesan antar. Kantor pusat terletak di pinggir kota Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1960 oleh Tom Monaghan. Hingga tahun 2006, Domino's Pizza memiliki hampir dari 8.000 pusat layan antar yang dimiliki pihak perusahaan dan pemilik waralaba di lebih dari 54 negara, di Indonesia sendiri Domino’s pizza sudah memiliki banyak cabang diantaranya 35 cabang di Jabodetabek, 4 cabang di Bandung, dan 4 cabang di Bali.. Domino’s pizza sendiri mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2007 diamana hanya di dirikan di Jakarta dan di perkirakan aka ada total 54 sampai 55 pada bulan desember mendatang.
2. System manajemen pemasaran
Sistem pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial
Manajemen pemasaran sendiri berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
2.1.Melihat Perusahaan Sebagai suatu Sistem
Domino’s Pizza merupakan salah satu rumah makan yang menerapkan dua system pemasasaran baik secara online atau onside, meski untuk untuk pemesanan online hanya dapat di terapkan di beberapa daerah yang ada cabang seperti di wilayah bandung tepat di Jl. Buah batu di Domino’s pizza ini sendiri telah menerapkan sebuah system untuk menunjang pemasaran produknya dalam kata lain domino’s pizza ini telah menerapkan system pemesanan secara online.
2.2.Mengenal Lingkungan Sistem Pemasaran
1.1.1. Eksternal.
§ Acconting
§ Audien.
§ Marketing.
1.1.2. Internal
Lingkungan Internal di domino’s pizza adalah letak atau lokasi perusahaan.
2.3.Mengidentifikasi Sub Sistem (Elemen Sistem)
2.4.Input , Proses dan Output di Domino’s Pizza
2.4.1. Input
· Data
A. Pizza Favorite
B. Pizza Speciality
C. Pizza Double Decker
D. Side Dish
E. Desert
F. Beverage
2.4.2. Proses
A. Seleksi
B. Penyaringan
2.4.3. Output
· Laporan Penjualan Pizza (Harian)
A. Pizza Favorite : %
B. Pizza Speciality : %
C. Pizza Double Decker : %
D. Side Dish : %
E. Desert : %
F. Beverage : %
· Quality
A. Pizza Favorite : Quality
B. Pizza Speciality : Quality
C. Pizza Double Decker : Quality
D. Side Dish : Quality
E. Desert : Quality
F. Beverage : Quality
Keputusan => Input Data => Proses Pusat =>Output
1. Keputusan pemasaran pada perusahaan Domino’s Pizza diatur oleh pihak pusat, yang kemudian memberikan intruksi kepada setiap cabang perusahaannya
2. Data untuk pengambilan berasal dari cabang, kemudian diproses dipusat perusahaan oleh bagian marketing, yang kemudian akan memberikan intruksi kepada cabang perusahaan (Outputnya tergantung dari data setiap cabang perusahaan) output : berupa promo dan produk baru.
3. Setiap keputusan hasil dari keputusan marketing, setelah dijalankan harus memberikan laporan kepada Accounting dan CEO
2.5.Analisis SWOT
2.5.1. Kunggulan Domino’s Pizza
· Cita rasa produk yang di produksi
· Full delivery.
2.5.2. Kelemahan domino’s pizza
· Tidak full service.
· Service produk domino’s pizza masih masih menggunakan kardus & tisu.
2.5.3. Peluang yang di miliki Domino’s Pizza
·
2.5.4. Ancaman yang dihadapi Domino’s Pizza
· Persaingan yang dari rival
· Kualitas produk
3. Deskripsi Proses Bisnis Berjalan
Pelanggan | Kasir |
Pelanggan datang ke domino lalu ke kasir untuk memesan pizza Pelanggan memilih pizza yang dimau (Input) | kasir menginput data pesanan(input) , lalu keluar sorok pembayaran |
pelaggan membayar struk tersebut, (Input) | Pelayan menginput data pembayaran, keluar struk pembayaran(output) |
Pelanggan mendapatkan pizza yang di pesan (output) | Kasir merekap menjadi laporan bulanan, |
Pelanggan datang ke domino lalu ke kasir untuk memesan pizza yang dia mau lalu pelayan di kasir menginput data pesanan, lalu pelanggar membayar dan keluar struk transaksi, baru setelah dibayar pizza di berikan . kemudian setelah restoran tutup data setiap transsaksi di rekapitulasi oleh Petugas Admnistrasi jadi laporan transaksi laporan harian, lalu setiap akhir bulannya data laporan transaksi di gabungkan menjadi laporan transaksi bulanan. Setelah itu laporan transaksi dikirim ke pusat lalu di proses di bagian marketing pusat, setelah itu akan keluar promo atau produk terbaru dari cabang tersebut yang nantinya akan di proses oleh marketing cabang tersebut untung di gunakan.
4. 
Flow map proses bisnis sistem berjalan.
No | Entitas | Kegiatan |
1 | Pelanggan | Memesan Produk |
2 | Kasir | Menerima data pesanan Menginput data pesanan Mengeluarkan struk pembayaran |
3 | Petugas Administrasi | Merekapitulasi transaksi harian Membuat laporan transaksi harian Membuat laporan transaksi bulanan |
4 | Marketting Pusat | Memproses laporan transaksi bulanan dari cabang Mengeluarkan produk dan promo baru |
5 | Marketing cabang | Menerima hasil dan menjalankannya |
BAB III
Usulan system (Solusi)
1. Deskripsi Proses Bisnis perbaikan (system baru)
Perbaikan system untuk domino Pizza adalah perbaikan system di Input Pesanan Pelanggan. Jadi system ini akan berjalan secara otomatis tanpa perlu pelayan ataupun petugas untuk mencatat pesanan tersebut. Jadi akan di buat system pesanan berbasis computer dimana pelanggan melihat menu yang di tampilkan di layar computer dan menginput sendiri pesanan yang di mau, computer akan memproses nya dan akan keluar output Struk Transaksi yang berisi pesanan pelanggan dan harga makanan yang di pesan.
2. Data dan Informasi yang dibutuhkan
4.1.1. Input
· Data
A. Pizza Favorite
B. Pizza Speciality
C. Pizza Double Decker
D. Side Dish
E. Desert
F. Beverage
4.1.2. Proses
A. Seleksi
B. Penyaringan
4.1.3. Output
· Laporan Penjualan Pizza (Harian)
A. Pizza Favorite : %
B. Pizza Speciality : %
C. Pizza Double Decker : %
D. Side Dish : %
E. Desert : %
F. Beverage : %
· Quality
A. Pizza Favorite : Quality
B. Pizza Speciality : Quality
C. Pizza Double Decker : Quality
D. Side Dish : Quality
E. Desert : Quality
F. Beverage : Quality
3.
![]() |
Flow map perbaikan
No | Entitas | Kegiatan |
1 | Pelanggan | Memesan Produk Memasukkan data pesanan Menerima struk pembayaran |
2 | Petugas Administrasi | Merekapitulasi transaksi harian Membuat laporan transaksi harian Membuat laporan transaksi bulanan |
3 | Marketting Pusat | Memproses laporan transaksi bulanan dari cabang Mengeluarkan produk dan promo baru |
4 | Marketing cabang | Menerima hasil dan menjalankannya |
BAB IV
Kesimpulan
Domino’s Pizza merupakan salah satu rumah makan yang menerapkan dua system pemasasaran baik secara online atau onside, meski untuk untuk pemesanan online hanya dapat di terapkan di beberapa daerah yang ada cabang seperti di wilayah bandung tepat di Jl. Buah batu di Domino’s pizza ini sendiri telah menerapkan sebuah system untuk menunjang pemasaran produknya dalam kata lain domino’s pizza ini telah menerapkan system pemesanan secara online.
Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik Domino’s Pizza meneerapkan beberapa cara memasarannya baik secar oline ataupun onside dari sini kami dapat menyimpulkan bahwa Domino’s Pizza telah menerapkan system pemasaran secara modern, baik dari segi cara pembuatan produk dan cara mempromosikannya.
Daftar Pustaka
Lampiran
1.1. Dokumen data-data dan bukti pendukung dari lokasi/perusahaan(disertai stempel/cap dari perusahaan)
No comments:
Post a Comment